Pemkab Tuba Berangkatkan 100 Warga Wisata Religi ke Jawa dan Bali

MENGGALA — Pemerintah Kabupaten Tulangbawang memberangkatkan 100 orang masyarakat asal 15 kecamatan untuk Wisata Religi di dua provinsi yakni Jawa dan Bali. Ke-100 orang tersebut terdiri dari 60 orang umat muslim menuju Pulau Jawa untuk ziarah ke makam Wali Songgo dan 40 orang umat hindu menuju Tirta Yatra Pulau Bali.

Mewakili Bupati Tuba Winarti, Sekkab Tuba Antoni menjelaskan, jika kegiatan Wisata Religi merupakan salah satu item 25 program unggulan Bupati bertujuan meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

Baca Juga:  Pemkab Tuba Pamerkan Pokita Power Kincir Tambak di Ajang Temu Karya Nasional

“Program yang dilaksanakan kali ini, yaitu perjalanan wisata religi untuk yang Ziarah ke Makam Wali Songo, mereka akan berangkat selama satu minggu untuk  rombongan ziarah akan dipandu oleh KH Abdul Wahid Pimpinan Ponpes Bahari Menggala rencananya rombongan akan berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon sampai Makam Sunan Ampel di Surabaya,”papar Antoni. (12/11) kemarin.

Rombongan umat Hindu, kata dia, akan dipandu oleh Sri Lambang Asih dari Dinas Ketahanan Pangan rombongan terdiri dari 40 orang tersebut akan menuju Tirta Yatra Pulau Bali.

Baca Juga:  Bupati Pesawaran Lepas Peserta Wisata Religi

“Ke-40 orang merupakan pemuka agama warga asli Tulangbawang dari 15 kecamatan sama dengan muslim mereka juga dijadwalkan selama satu minggu perjalanan, “urainya.

Menurut Antoni intisari program wisata Religi bertujuan untuk membangun mental spritual agar lebih faham dan mengerti tentang jejak kepercayaan yang dianut oleh masing-masing.

Diharapkan sambung Antoni,akan semakin tercipta hubungan harmonis antar umat beragama di Kabupaten Tulangbawang.

“Selama ini hubungan antar umat beragama di tulangbawang terjaga sangat baik, insya allah kedepan akan semakin rukun dan damai, “ujarnya.

Baca Juga:  1.740 Tenaga Kontrak Pemkab Tuba Terima Rapel

Untuk itu Antoni, meminta agar para pemuka agama baik muslim maupun hindu dapat mempelajari serta mendalami ilmu keagamaan dari tempat yang akan didatanggi.

“Apapun hasil yang baik didapat pada saat wisata religi harus diterapkan dikalangan masyarakat, berikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat jika berbuat baik akan mendapatkan pahala yang setimpal dengan apa yang dilakukan,insya allah kedepan tulangbawang akan semakin maju dan sejahtera, ” pungkasnya. (MR)

 

 

Pemkab Tuba Wisata religi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan