Pemkot Bandarlampung Pindahkan Monumen Tragedi Krakatau

Tinus | Fajar Sumatera

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, memindahkan sebuah lampu suar peninggalan tragedi bencana alam tsunami, yang terjadi pada tahun 1883, yang diakibatkan oleh letusan Gunung Krakatau yang maha dahsyat.

Lampu yang berasal dari Selat Sunda ini, berada di belakang Musola Nurul Iman, RT 11 Lingkungan 3, Kelurahan Gedung Pakuon, Kecamatan Telukbetung Selatan.

Baca Juga:  Warga Kaliawi Keluhkan Penggalian Gas Rumah Tangga Milik Pemkot

“Direncanakan akan menjadi monumen bersejarah dan akan diletakkan di depan gedung Pemkot Bandar Lampung,” jelas Camat Telukbetung Selatan, Ichwan Adji Wibowo, Jumat (1/11).

Evakuasi peninggalan sejarah ini tak memakan waktu yang lama, namun sempat ada warga yang menangis dan hampir pingsan saat lampu suar ini akan diangkat.

Meski teringat pernah menghabiskan masa kecil bermain di lampu suar ini, tapi warga pun mengikhlaskan pemindahannya.

Baca Juga:  Pemkot Bandarlampung Dituding Samarkan Data Orang Miskin

“Ya sedih aja, biasa waktu kecil bermain disana (suar) sekarang sudah dipindah. Seperti ada bagian yang hilang dari tempat kami,” ungkap salah satu warga, Nawawi.

Para warga pun berharap pada Pemkot Bandar Lampung, selepas pemindahan benda bersejarah tersebut lampu suar ini akan dirawat dan dipelihara dengan baik, hingga kelak anak cucu mereka pun akan dapat melihatnya.(TN)

Baca Juga:  Jambi Adopsi Renstra Bandarlampung

Pemkot Bandarlampung Tragedi Krakatau

Posting Terkait