Pemprov Lampung Bisa Laporkan Kasus Pemalsuan Surat ke Polisi

BANDARLAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bisa melaporkan ke pihak kepolisian, jika hasil pemeriksaan Inspektorat terhadap oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diindikasi memalsukan surat ditemukan adanya unsur pidana.

“Kalau ada tindak pidananya, maka Inspektorat Lampung menyampaikan hasil laporan ke pihak kepolisian untuk penegakan hukumnya,”kata Akademisi Hukum Pidana Unila Dr. Eddy Rifai, S.H.,M.H, Rabu (17/10).

Saat ini, pihak kepolisian bisa melakukan pemeriksaan sepanjang ada laporan pengaduan dari Inspektorat Lampung.

Baca Juga:  Inspektorat Lampung Periksa Tersangka Pemalsuan Surat

“Jika belum ada pelaporannya, maka kepolisian menunggu dari inspektorat. Jadi kita lihat dulu kalau ada unsur pidananya, maka hasilnya akan disampaikan ke pihak kepolisian juga untuk penegakan hukumnya,” ungkapnya.

Akan tetapi, jika hasil pemeriksaan itu nantinya hanya pelanggaran disiplin pegawai saja, maka sanksinya cukup dari Inspektporat saja, apakah itu sanksi berat, menengah ataupun ringan.
Sebelumnya, Kepala Inspektorat Lampung, Syaiful Dermawan membenarkan pihaknya memanggil tiga orang staf komisi I DPRD Lampung terkait persoalan pemalsuan tanda tangan tersebut.

Baca Juga:  DPRD Lampung Segera Panggil BPN

“Iya sudah kita panggil untuk dilakukan pemeriksaan,” kata dia, Selasa (16/10).
Terkait sikap apa yang dilakukan, dia mengaku masih akan didalami terlebih dahulu hasil pemeriksaan tersebut. Tentunya dasarnya adalah PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan PP 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

“Sementara saya belum mendapatkan laporan dari Inspektur Pembantu (Irban). Yang jelas jika ada pelanggaran kita tindak sesuai dengan regulasi itu,” kata dia.

Baca Juga:  DPRD Lampung Minta JTTS Dimaksimalkan Saat Arus Mudik

Sementara itu Inspektur Pembantu (Irban) Wil II Inspektorat Lampung Pahrina tidak mau merinci hasil pemeriksaan.

“Masih proses pemeriksaan ya, tidak bisa kita ungkapkan dulu,”singkatnya. (*)

DPRD Lampung Johan Sulaiman Pemalsuan Surat Ririn Kuswantari

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan