Pengacara Tegaskan, Sidang Perkara Korupsi Mustafa Perlu Dihadiri Aziz Syamsudin Cs dan Amin Santono Dkk

KPK Periksa Lima Orang Kontraktor Terkait Berkas Perkara Korupsi Eks Bupati Lampung Tengah Mustafa

Mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa memakai rompi tahanan KPK. Foto: Istimewa.

Fajar Sumatera – Menurut M Yunus, sebagai pengacara dari terdakwa suap dan gratifikasi mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa, keberadaan dari sosok-sosok mereka yang berkait dengan penerimaan fee pengurusan anggaran DAK tahun 2017 dan tahun 2018, perlu dihadirkan ke ruang persidangan.

Sosok-sosok tersebut di antaranya, Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsudin, Aliza Gunado, Jarwo, mantan anggota DPR RI dari Partai Demokrat Amin Santono, Eka Kamaludin, Idawati, dan Rudi seorang PNS di Lampung Tengah.

Baca Juga:  Kasus Korupsi Lampung Utara: Begini Strategi Kuasa Hukum Agung Ilmu Mangkunegara dan Raden Syahril

“Sepertinya perlu. Agar konstruksi perkara menjadi utuh terkait penerimaan dan pengeluaran dana yang dikelola Taufik Rahman,” ujar Yunus. Taufik Rahman adalah saksi yang mengetahui secara rinci perihal keterkaitan nama-nama di atas tadi. Sebab, ia adalah aktor yang melakoni lobi-lobi hingga pemberian uang sekira Rp2,5 miliar kepada grup Aziz Syamsudin dan sekira Rp 3,6 miliar kepada grup Amin Santono.

Baca Juga:  Menengok Keterangan Rina Febrina Selama Persidangan, Saksi KPK yang Diduga Mendapat Ancaman 'SMS Mayat'

M Yunus kepada reporter Fajar Sumatera, Senin, 15 Februari 2021 memberikan penjelasan perihal apakah nama atau sosok-sosok di atas yang disebut dalam gelaran sidang Kamis, 11 Februari 2021 lalu oleh terdakwa dan saksi Taufik Rahman, masuk di dalam daftar saksi atau sudah diperiksa oleh penyidik KPK.

“Tidak semua nama, ada dalam BAP yang dilakukan pemeriksaan oleh KPK. Terkait apakah mereka akan dihadirkan dalam persidangan, itu kewenangan JPU [jaksa sebagai penuntut umum_red],” imbuh Yunus.

Baca Juga:  KPK Awasi Penggunaan Anggaran Tulangbawang

KPK mendakwa Mustafa atas perbuatan suap dan gratifikasi. Nominal uang yang dituangkan dalam dakwaan tersebut senilai Rp65 miliar. Di awal penyidikan, Mustafa ditetapkan sebagai tersangka atas sangkaan suap dan gratifikasi dan nominal uang yang mengikut dalam sangkaan penyidik itu berkisar Rp95 miliar.

Reporter: Ricardo Hutabarat

Aliza Gunado Amin Santono Aziz Syamsudin Chusnunia Chalim DPR RI Eka Kamaludin KPK Kupas Tuntas Lampung Post Media Indonesia Mustafa Radar Lampung Surya Paloh Taufik Rahman Tribun Lampung

Posting Terkait