Pengamat Kritisi Pemkot Bagi-bagi Sembako Hasil Saweran dari Perusahaan

Bandarlampung,-Dalam kurun beberapa hari yang lalu, Pemerintah Kota Bandarlampung telah menyurati perusahaan yang berada di Kota Tapis Berseri untuk mengirimkan paket sembako.

Dalam isinya sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat belum mampu dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Kebijakan Publik, Universitas Lampung. Dedi Hermawan, mengkritisi kebijakan Pemerintah Kota Bandarlampung justru memanfaatkan momentun terkait para perusahaan akan menyumbangkan paket sembako.

“Masa kalau perusahaan menyumbangkan sembako kepemerintah pemkot, lalu sembako tersebut dibagikan dengan warga bahwa pemkot yang telah memberikan sembako tersebut, kasian dong para perusaha swastanya, sebab masa perusahaan yang ngasih tapi pemkot yang jual nama,” sindirnya.

Baca Juga:  Parosil Bagikan Sembako Gratis Untuk Pegawai dan Masyarakat

Terlebih, kalaupun Pemerintah Kota Bandarlampung ingin membuat hajat seperti pengadaan bahkti sosial guna meringankan beban masyarakat Bandarlampung, seharusnya Pemkot memaparkan masing-masing nama perusahaan yang memberikan bantuan berupa sembako dalam acara tersebut, jangan memajang nama pemkot saja,” sindirnya.

“Kalau begitu, seakan-akan Pemerintah Kota Bandarlampung, hanya memberikan fasilitas dalam pelaksanaan acara bahkti sosial, seperti memberikan data nama warga yang akan di berikan,” sambungnya.

Kendati demikian, seharusnya Pemerintah Kota Bandarlampung tidak diperbolehkan mengklaim dugaan terkait pemberian sembako yang berasal dari para perusahaan.
“Jangan hanya mengklaim, sebab yang memberikan sumbangan tersebut perusahaan bukan pihak pemkot, karena Pemerintah Kota Bandarlampung dalam acara tersebut hanya sebagai penyalur dan fasilitasi seperti memberikan data warga-warga yang berhak menerima bantuan tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga:  GAS Sukaraja Berbagi Bersama Kaum Duafa

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bandar Lampung berasama dengan BUMN/BUMD dan perusahaan di Kota Bandar Lampung akan berbagi kepedulian kepada masyarakat yang belum mampu dengan membagikan paket sembako sebanyak 200 bingkisan yang berisikan per satu paket sebagai berupa minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg, tepung terigu 2 kg, susu kental manis 2 kaleng, roti kaleng 2 buah, sirup botol 2 botol dan lain-lain.

Baca Juga:  Pemula Bagikan Sembako ke Fakir Miskin

Bantuan paket sembako tersebut diserahkan ke Sekretariat Daerah Kota Bandar Lampung melalui Bagian Perekonomian Kota di Jalan Dr. Susilo No.2, selambat-lambatnya pada 12 Juni mendatang.

Selanjutnya akan dibagikan Walikota Bandar Lampung Herman HN kepada masyarakat belum mampu yang direncanakan pada 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Dalam isi surat tersebut ditanda tangani oleh Sekretaris Daerah Kota Drs. Badri Tamam. (TIM)

Bagi-bagi Sembako

Posting Terkait