Penyaluran KUR Pakai Kartu Pintar

Ilustrasi. (Ist)

GUNUNGSUGIH—Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan melakukan terobosan dalam pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Caranya dengan mereformulasi kebijakan pembiayaan terhadap UMKM.

Sekertaris Bappeda Lamteng, Makmuri menuturkan, program reformulasi bertujuan untuk meningkatkan akses koperasi dan UMKM ke lembaga pembiayaan bank dan non bank.

“Intinya, kita akan terus memperkuat sistem dalam meningkatkan akses UMKM ke pembiayaan yang mudah dan sesuai karakteristik,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemerintah Genjot KUR Guna Wujudkan Kesejahteraan Ekonomi Rakyat

Rencananya total KUR pada tahun 2018 sebesar Rp120 triliun. Ini didukung oleh langkah pemerintah melalui komite kebijakan dan pembiyaan akan menurunkan suku bunga KUR dari 9 persen menjadi 7 persen per 1 Januari 2018.

“Suku bunga KUR 7 persen tersebut diharapkan dapat dinikmati dan mendorong pertumbuhan UMKM yang selama ini menopang perekonomian masyarakat,” kata Makmuri.

Pada tahun 2018, penyaluran KUR akan menggunakan kartu pintar yang dapat merekam identitas si peminjam. Kartu ini berguna untuk memangkas ongkos atau bunga pinjaman.

Baca Juga:  Menteri Rini Ingatkan Petani Manfaatkan KUR

“Bagi peminjam/debitur dapat mengajukan KUR dengan batas waktu sesuai kebutuhan. Misal penggemukan sapi butuh 4 sampai 5 bulan selesai dan apabila akan melakukan pinjaman kembali, tidak perlu mengurus administrasi dari awal dan tinggal pakai kartu tetsebut, beberapa hari kredit bisa keluar,” jelasnya.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM, realisasi KUR di Kabupaten Lamteng pada 2017 masih didominasi sektor KUR mikro sebesar Rp67,3 miliar. Disusul KUR ritel sebesar Rp41,1 miliar dan KUR TKI sebesar Rp1,3 miliar.

Baca Juga:  750 Petani Dayamurni Dapat Pinjaman KUR Bank Lampung

Menurut Makmuri, selain dibutuhkan sosialisasi ke masyarakat, perlu juga dilakukan penambahan SDM di bank penyalur KUR. Diharapkan pengajuan KUR oleh UMKM dapat segera terealisasi dalam waktu yang cepat.(JJ)

 

kartu pintar kur

Posting Terkait