Perekonomian Dunia Membaik dengan Sangat Lambat

Perekonomian Dunia Membaik dengan Sangat Lambat

Diskusi Meneropong Ekonomi Lampung 2018 oleh Institut Demokrasi Ekonomi Agriculture Politik Lampung (IDEAL) di Hotel Horizon, Bandar Lampung, Selasa (26/12/2017). Foto: Ist

BANDAR LAMPUNG – HARGA komoditas mulai membaik, kecuali harga minyak mentah. Kenaikan juga dialami pada harga CPO dan harga karet.

Hal ini terkuak dalam diskusi akhir tahun dalam Meneropong Ekonomi Lampung 2018 yang diselenggarakan oleh Institut Demokrasi Ekonomi Agriculture Politik Lampung (IDEAL) di Hotel Horizon, Bandar Lampung, Selasa (26/12/2017).

Baca Juga:  Unila Edukasi Pencegahan Virus Corona di Lingkungan Kampus

Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Lampung (Unila), Dr Nairobi, dalam pemaparannya menyampaikan sumber IMF, pertumbuhan ekonomi dunia diprediksi naik 3,7 persen dari sebelumnya 3,6 persen.

Sementara Indonesia juga mengalami pertumbuhan ekonomi, diprediksi naik 5,3 persen dari sebelumnya 5,0 persen.

“Untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan keadaan ekonominya seperti tahun 2016 dan 2017, ” ujar Nairobi.

Baca Juga:  Unila Kembangkan Program Peneliti Cilik

Diskusi ini sesungguhnya ingin melihat dan memprediksi pertumbuhan ekonomi Lampung di tahun 2018.

Sektor industri pengolahan meningkat dari 0,83 % menjadi 4,84%. Laju pertumbuhan sektor pertanian terprediksi menurun dari 3,03% menjadi 2,92%.

“Saya sangat tidak setuju telah terjadi penurunan daya beliĀ  dari pergeseran ekonomi konvensional ke ekonomi digital. Hal ini lebih kepada pergeseran transaksi yang tidak terlalu signifikan, ” ungkap Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Unila ini. (*/Js)

Baca Juga:  LBH Kecam Pelecehan Seksual Oknum Dosen Unila

Ekonomi Dunia Unila

Posting Terkait