Pertamina Tambah Pasokan Elpiji 3 Kg untuk wilayah Lampung

Ilustrasi Elpiji 3Kg. (Ist)

BANDARLAMPUNG—Menjelang puasa Ramadan 2018, PT. Pertamina menjamin pasokan elpiji 3 kg untuk wilayah Lampung sangat cukup. Pertamina bahkan sudah menambah 8 % pasokan elpiji 3 kg atau sekitar 1.100an MT (350 ribuan tabung).

Sales Executive Elpiji III Pertamina Lampung, Widhi Tri Adhi Hidayat mengatakan, distribusi elpiji juga dilakukan pada hari minggu untuk memenuhi stok di pangkalan. Penambahan akan terus dilakukan hingga Idulfitri mendatang dengan porsi 20-30%.

“Dengan ditambahnya pasokan gas 3 kg, diharapkan selama masa puasa ini masyarakat miskin tidak susah mencari elpiji 3 kg,” kata dia, Minggu (13/5).

Rata-rata penyaluran normal elpiji 3 kg untuk Provinsi Lampung sebanyak 176.000an tabung. Pertamina melarang masyarakat mampu dan sektor rumah makan/industri untuk menggunakan elpiji 3 kg yang menjadi hak masyarakat miskin.

Sidak bersama Pemda juga akan dilakukan kembali untuk pengguna yang tidak berhak menggunakan elpiji 3 kg seperti rumah makan, hotel, industri rumahan dan usaha lainnya. Pertamina dan Pemrov Lampung juga akan mengadakan operasi pasar di 5 kabupaten.

Gelaran operasi pasar dibarengi dengan pasar murah sembako, termasuk di dalamnya tersedia elpiji 3kg, dan ukuran lainnya. Khusus penjualan gas bersubsidi dibatasi hanya untuk masyarakat sekitar saja, hal itu untuk meminimalisir adanya kebocoran penggunaan untuk yang tidak berhak.

Untuk harga eceran tertinggi (HET) dari gubernur ialah Rp16.500 namun di masing-masing wilayah kota disesuaikan dengan jarak tempuh, seperti di Liwa bisa mencapai sekitar Rp24 ribu.

“Kalau jenis yang lain atau gas nonsubsidi, Pertamina akan salurkan berapa pun sesuai kebutuhan. Namun untuk yang 3 kg karena disitu ada kuota dari pemerintah, itu akan diatur agar kuota tidak melebihi atau kurang sangat jauh,” katanya.(IH)

Jadwal Operasi Pasar Elpiji Pertamina

WAKTU LOKASI
14 Mei 2018 Desa Sidosari, Kec. Natar, Lampung Selatan.
16 Mei 2018 Desa Kejadian, Kec. Tigeneneng, Pesawaran
24 Mei2018 Desa Madukoro, Kec. Kotabumi, Lampung Utara
28 Mei 2018 Desa Penawar Jaya, Kec. Banjar Margo, Tulang Bawang
4 Juni 2018 Desa Tanjung Anom, Kota Agung Timur, Tanggamus

 

280 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

pasokan elpiji 3 kg lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan