Pesawaran

Dendi Bacakan Amanat Presiden RI Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila

FAJARSUMATERA – Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona K, S.T., M.Tr.I.P. bacakan amanat Presiden R. I. dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, di Lapangan Pemkab Pesawaran pada Kamis (01/06/2023).

Dalam pidatonya Bupati Pesawaran mengatakan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Dirinya mengatakan Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius Bangsa Indonesia.

“Dengan demikian, Pancasila bukanlah wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural,” ucap Bupati Pesawaran.

Menurut Bupati Dendi, Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai- nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20% (Dua Puluh Persen).

Untuk mengatasinya, sambungnya dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia.

“Hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila,” sambung Dendi.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 itu pula, pria yang akrab disapa Bung Dendi mengajak untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

“Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, juga menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” timpal Bung Dendi.

Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Diakhir sambutan, Bupati yang juga Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung berharap melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini menjadi momentum agar dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.

Di acara tersebut juga dilakukan penyerahan Surat Keputusan kepada 42 orang peserta yang lulus seleksi Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemkab Pesawaran formasi Tahun 2022, yang ditempatkan diseluruh fasilitas kesehatan di Lingkup Pemkab Pesawaran.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Pesawaran, Jajaran FORKOPIMDA Kabupaten Pesawaran, Sekretaris Daerah Kabupaten, Para Perangkat Daerah  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Para Camat se-Kabupaten Pesawaran, Ketua MPAL Kabupaten Pesawaran, Ketua LVRI, PEPABRI, Warakauri Kab. Pesawaran beserta Anggota, Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, GOW dan Ikada Kab. Pesawaran dan Para Ketua Ormas, LSM serta Insan Pers.(Dponco)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button