Peserta Famtrip asal Malaysia Terpesona Blue Fire Ijen

BANYUWANGI – Pesona Kawah Ijen dengan pesona blue fire atau api biru, kembali membuat wisatawan takjub. Kali ini, yang dibuat kagum adalah peserta Familiarization Trip (Famtrip) asal Malaysia, Senin (14/1).

Famtrip diikuti media, blogger, dan top agent Malaysia. Semuanya dibuat terpana. Tak ada satupun rombongan yang terlihat bosan saat berada di Kawasan Kawah Ijen.

“Ijen sangat istimewa. Di atas kita bisa melihat Api Biru (Blue fire) yang hanya ada di dua tempat di dunia. Bisa juga lihat danau dengan air berwana hijau di puncak Gunung Ijen, Penambang Belerang yang mencari nafkah dengan mengambil belerang, juga Sunrise di kawah ijen  dengan latar belakang Danau yang berwarna hijau. Ini jarang saya temui di tempat lain,” ujar Editor Airline Magazine Malaysia Leon Lim Jake Li, Senin (14/1).

Kawah Ijen adalah salah satu yang terindah yang dimiliki Indonesia. Dari atas tebing Gunung Ijen, pesona blue fire sudah terlihat.

Baca Juga:  Peserta Famtrip Malaysia Eksplorasi Keindahan Bawah Laut Bangsring

Blue fire merupakan proses penguapan belerang yang terlihat berwarna biru terang saat malam hari. Setelah hari mulai terang, sayup-sayup warna blue fire memudar, namun bukan berarti pesona Ijen menghilang. Di bagian lain akan terlihat Kawah ijen yang menawan berwarna hijau toska. Sungguh pemandangan yang mempesona.

Pemandangan itu membuat seluruh peserta famtrip mengabadikan fenomena alam yang mereka saksikan. Semua begitu asik menjamahi keindahan Kawah Ijen.

Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa pun langsung mengamini. Baginya Kawah Ijen memang hebat. Levelnya sudah kelas dunia. Tidak sedikit artis dan tokoh terkenal yang telah menapakkan kaki di Kawah Ijen.

Sebut saja artis Korea si cantik Lee Si Young. Atau aktor Gaku Sano, aktor Jepang pemeran utama serial Kamen Rider Gaim pernah mendaki Gunung Ijen. Dari tanah air mungkin sudah tak terhitung lagi artis yang pernah menginjakkan kaki di Kawah Ijen.

Dari mulai Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Andien hingga Pevita Pearce pernah mengunjungi Kawah Ijen. Bahkan beberapa Menteri Kabinet Kerja juga telah menjajal pesona Kawah Ijen. Ada Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, dan Gubenur BI Agus Martowardojo.

Baca Juga:  Peserta Famtrip Malaysia Eksplorasi Keindahan Bawah Laut Bangsring

“Sengaja kita ajak mereka ke sana untuk merasakan atmosfir magis dari Kawah Ijen. Setelah mereka melihat dan merasakan langsung, mereka pasti akan langsung memviralkannya. Blogger ke jutaan followernya, media ke pembaca setianya, sementara travel agent akan merayu para wisatawan,” kata Kiki, sapaan akrab Rizki Handayani.

Sementara itu Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengatakan, famtrip ini untuk mempromosikan berbagai destinasi yang ada di Banyuwangi. Selain itu mengenalkan berbagai sarana dan akomodasi seperti hotel, restoran, dan lainnya. Sehingga dapat mendorong angka kunjungan wisatawan asal Malaysia khususnya Banyuwangi.

“Program ini pas momennya, karena baru dibuka penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Banyuwangi. Ini yang ingin kita maksimalkan. Karena Indirect impact dan media value blogger dan media Malaysia itu luar biasa. Belum lagi para top travel agent yang siap merayu para calon wisatawan Malaysia,” ucapnya.

Baca Juga:  Peserta Famtrip Malaysia Eksplorasi Keindahan Bawah Laut Bangsring

Respon Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun positif. Famtrip ini akan berdampak signifikan bagi promosi Banyuwangi. Apalagi mereka diajak merasakan langsung fenomena blue fire Kawah Ijen.

Fenomena yang sering disebut-sebut Menpar Arief Yahya sebagai keajaiban kelas dunia. Pada pukul 01.00 sampai 03.00 WIB, akan terlihat blue fire itu. Seperti kompor raksasa, menyala biru, seluas 5000 hektare, dan waktunya tidak panjang.

“Saya yakin positif pasti. Para media serta blogger ini mempunyai fans yang besar. Itu sebabnya kita mengundang mereka untuk menulis dahsyatnya Banyuwangi. Apalagi mereka melihat langsung blue fire di Kawah Ijen. Sudah pasti mereka terpukau. Karena ini sangat langka, hanya terjadi di Ijen dan Iceland. Saya dulu rajin mendaki gunung, dan Ijen adalah favorit saya,” ujar Arief Yahya. (*)

Blue Fire Ijen Famtrip Malaysia

Penulis: 
    author

    Posting Terkait