PHDI Bersama Umat Hindu di Lampung Bantu Korban Tsunami

BANDAR LAMPUG – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) bersama lembaga umat Hindu di Lampung memberi bantuan logistik ke korban bencana tsunami di Desa Way Muli, Rajabasa, Lamsel pada Kamis, (3/1).

Bantuan logistik ini hasil sumbangan dari seluruh organisasi umat Hindu di Lampung, seperti PHDI, Prajaniti, KMHDI, WHDI, PSN, Pradah, front alumni PMHDI berupa beras, mie instan, telur, minyak goreng. Kemudian pempers, pakaian bekas layak pakai, pembalut, selimut, terpal dan air mineral.

Wakil ketua PHDI Lampung bidang ekonomi dan kesejahteraan, Wayan Aryudi mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk perhatian serta solidaritas umat hindu di Lampung untuk membantu dan meringankan beban korban yang terkena bencana tsunami di Bumi Ruwa Jurai.

Baca Juga:  Hingga Senin Petang, Korban Meninggal Tsunami di Lampung 108 Orang

“Semoga ini bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena bencana tsunami,” kata Aryudi, Kamis (3/1).

Dengan adanya bencana tsunami ini, ia berharap agar para warga tidak trauma dengan pristiwa tersebut. Tetapi, sebagai pembelajaran untuk selalu waspada.

“Kita berharap agar para anak-anak ini nantinya dapat diberi trauma healing,” ungkapnya

Kedepan, ia berharap agar pemerintah bisa segera melakukan pembangunan kembali rumah warga yang terkena tsunami.

“Dengan begitu, kehidupan para warga ini bisa kembali normal seperti dulu,” ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat  untuk berdoa bersama-sama agar Indonesia terbebas dari bencana alam.

Baca Juga:  370 Pengungsi di Pemprov Mulai Terserang Penyakit

“Dengan bertawakal, semoga di 2019 ini Indonesia terbebas dari bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Prajaniti Hindu Lampung I Gede Setiyana, ia berharap agar masyarakat bisa segera bangkit dari situasi ini dan dapat kembali beraktifitas dengan normal.

Selain itu, ia juga mengapresiasi langkah cepat pemerintah daerah setempat, khususnya Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang sejak hari pertama sudah turun langsung memantau dan memastikan ketersediaan bantuan bagi korban terdampak tsunami.

“Bahkan pemerintah provinsi telah berkoordinasi dengan pemkab Lamsel untuk menyediakan hunian tetap guna relokasi korban tsunami. Kita juga berharap agar pemerintah pusat bisa melakukan perbaikan sistem pencegahan bencana (deteksi dini) secara lebih baik lagi untuk meminimalisir potensi jatuhnya korban,” ujarnya.

Baca Juga:  Relawan MRF Care Serahkan Bantuan untuk Korban Tsunami

Selain itu, ia juga berharap agar pemerintah melalui lembaga terkait bisa memberi edukasi bagi warga yang berpotensi terdampak bencana alam.

Sebab, sampai hari ini masih banyak  warga yang belum mendapat pengetahuan secara rinci untuk menghadapi bencana.

“Kedepannya mungkin perlu dijadikan satu kurikulum tersendiri bagi siswa/i di sekolah agar sejak usia dini mereka bisa lebih tanggap terhadap potensi maupun situasi bencana,” ungkapnya. (TM)

Korban Tsunami Tsunami Lampung

Posting Terkait