Polres Lamsel Gagalkan Penyelundupan 51.020 Baby Lobster

Istimewa

KALIANDA – Jajaran Polres Lampung Selatan (Lamsel) kembali berhasil menggagalkan penyelundupan 51.020 ekor Baby Lobster jenis pasir di pelabuhan Bakauheni, pada Kamis (19/9) malam, antara pukul 22:00 WIB.

Benih udang Lobster Pasir yang diangkut menggunakan mobil minibus Toyota Inova warna abu-abu dengan Nopol: D-1636-PK, Benih udang lobster yang dikemas dalam 256 kantong plastik ber oxigen, kemudian di masukkan ke dalam 11 box streofoam putih yang dibawa langsung dari Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

Barang yang di selundupkan yang sudah di amankan tersebut ditaksir dengan harga perekornya Rp150 ribu, dengan keseluruhan kurang lebih Rp7,6 miliar.

Baca Juga:  Dikukuhkan, Pokdar Kamtibmas Lamsel Siap Jaga Kamtibmas

Dalam keterangan pers, Kapolres Lampung Selatan AKBP M Syarhan, mengatakan rencananya ribuan Baby Lobster jenis pasir tersebut akan di bawa ke daerah Sumatera atau tepatnya di Jambi. Lalu kemudian rencananya akan diselundupkan lagi ke Negara Luar yaitu Vietnam.ujar orang nomor satu dikepolisian Lampung Selatan, dilapangan Mapolres,yang hingga saat ini masih menempati GOR Way Handak, pada, Jumat (20/9)

Lebih lanjut Kapolres Lampung Selatan juga mengatakan telah berhasil mengamankan satu orang tersangka dengan inisial DH. Adapun upah tersangka dalam satu kali pengiriman sebesar RP1,5 juta.

Baca Juga:  Hitungan Kerugian RI dari Penyelundupan Benih Lobster

Dalam kasus ini tersangka akan di kenakan pasal 88 junto pasal 16 UU 45/2009 tentang perubahan atas UU no 31/2004 tentang perikanan. Adapun ancaman hukumannya yang dikenakan yaitu penjara paling lama 6(enam tahun),tegasnya.

Menurut keterangan tersangka, sudah lima kali melakukan penyelundupan Baby Lobster, atas perintah seseorang yang berinisial IB yang sampai saat ini masih (DPO). Kasus ini masih akan terus dikembangkan sampai kepada pemilik barang. sampai berita ini diturunkan tersangka pemilik barang masih dicari keberadaannya oleh aparat Kepolisian.

Baca Juga:  7 Tahanan Polsek Natar Kabur

Selanjutnya Benih (Benur_red) udang jenis Lobster tersebut kemudian akan diserahkan ke Balai Karantina, untuk Pengendalian Mutu dan Keamanan setelah itu akan di lepas kehabitat aslinya yaitu diperairan daerah Pesawaran.

“Benih udang Lobster ini akan dilepas ke laut sekitar Pesawaran ujar Kapolres Lamsel, karena didaerah itu yang cocok dengan habitat aslinya,” paparnya.(*)

Baby Lobster Polres Lamsel

Posting Terkait