Presiden Ingin Rest Area Tak Lagi Diisi Gerai Produk Asing

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meresmikan jalan tol Solo-Ngawi ruas Kartasura-Sragen, Minggu, (15/7). (Istimewa)

Jakarta – Presiden Jokowi meminta agar kawasan area peristirahatan (rest area) di jalan tol tidak didominasi oleh gerai makanan produk luar negeri. Jokowi ingin agar kawasan rest area tersebut diisi oleh produk yang menjual makanan khas daerah.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Ingatkan Mentan Jangan Hanya Urus Padi

“Saya minta di setiap rest area, jualannya bukan McD, bukan Kentucky, bukan Starbucks. Harus semuanya diganti satai, soto, kambing guling, gudeg,” ucap Jokowi saat meresmikan ruas Tol Kertasura-Sragen di Gerbang Tol Ngemplak, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/7/2018).

Menurut Jokowi, langkah itu perlu dilakukan untuk membantu produsen lokal memasarkan produknya. Jangan sampai industri lokal, khususnya produk UMKM, tertinggal.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa

“Jangan sampai ada suara-suara ‘pak, jualan telur asin omzetnya anjlok’. Buat saya, jangan sampai ada yang merasa ditinggal karena pembangunan ini,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi juga telah memerintahkan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono menindaklanjuti keinginannya itu.

“Jangan sampai titik-titik yang ada kegiatan ekonomi itu, justru diisi oleh merek-merek asing, brand-brand asing. Sehingga yang namanya batik bisa dijual di rest area, telur asin bisa dijual di rest area,” kata Jokowi seperti yang dilansir dari liputan6.com. (net/hp)

Jokowi Rest Area

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan