Rani Raih Untung Hantaran Pengantin

Mutiarani, menunjukkan kotak hantaran pengantin hasil buatannya. Dari usahanya tersebut ia mampu meraup keuntungan hingga Rp1,5 juta dalam Satu minggu.

 

BANDARLAMPUNG—Bermula dari pengalaman pribadi saat persiapan pernikahannya ditahun 2016, pemilik usaha Jasa Hantaran Lamaran atau pernikahan RaniNirwan88, Mutiarani, mengambil peluang usaha untuk memudahkan para calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahannya, khususnya untuk peralatan hantaran.

“Ide awal buka usaha ini, sewaktu saya mau menikah, susah untuk cari jasa hantaran pengantin. Akhirnya saya coba buat sendiri untuk acara nikah saya, ternyata hasilnya banyak teman yang mau menikah tertarik untuk minta dibuatkan,” kata Rani, Minggu (16/4).

Usaha yang dirintis sejak setahun yang lalu ini, berlokasi di rumah orang tuanya yang beralamat di jalan Raden Pemuka gang H Bakti no.25, Gunung Sulah Way Halim, Bandarlampung. Modal awal untuk membuka usahanya ini sebesar Rp1,5 juta, kemudian keuntunganya digunakan untuk menambah kotak hantaran.

Wanita kelahiran Bandarlampung, 2 juli 1989 ini, sebelum memulai usahanya, merupakan salah satu pegawai di Bank BRI Cabang Pringsewu. Kemudian setelah menikah dan mempunyai seorang anak, ia memutuskan untuk membuka usaha sendiri, dengan tujuan agar bisa lebih banyak waktu untuk sang buah hati.

Berbekal dari mencari informasi di internet tentang cara pembuatan kotak hantaran pengantin, dia mulai mencoba menawarkan hasil karyanya tersebut, dengan sistem sewa, hal itu dilakukan karena menurutnya barang tersebut hanya diperlukan satu kali saja, sehingga jika beli akan memakan biaya yang besar.

“Enggak ada basic sama sekali untuk bentuk-bentuk kerajinan seperti ini, karena waktu saya mau menikah sulit cari kotak hantaran, jadi saya coba belajar sendiri dari internet. Meskipun waktu itu ada jasa sewa hantaran, tapi harganya sangat mahal, dan harus beli, jarang ada yang menyewakan,” tambahnya.

Untuk pemasaran usaha jasa sewa hantaran pengantinnya, wanita lulusan Teknokrat tahun 2010 ini mencoba menawarkan kepada teman-temannya yang sedang merencanakan pernikahan. Selain itu promosi juga ia lakukan dengan memanfaatkan media sosial.

Beberapa akun miliknya yang digunakan untuk menjual produknya tersebut diantaranya, Facebook, rani_yusnidar, hantaranseserahan nirwan88, instagram : ranie_Zuherman, situs jual beli online OLX Ranie Jusnidar, dan Whats app 085789444472.

Untuk bahan yang dipakai membuat kotak hantarannya, ia menggunakan bahan akrilik, bahan itu digunakan karena bobotnya yang ringan dan tidak mudah pecah. Sejak satu tahun menggeluti usahanya, nama jasa sewa hantaran Nirwan88 makin dikenal dan dibanjiri pesanan. Dalam satu minggu, jumlah pemesan bisa mencapai 10 orang.

Satu pesanan rata-rata perpaket, setiap paket berisi sepuluh kotak, untuk harga satu kotaknya dibanderol Rp50 ribu, atau Rp500 ribu satu paket.

Bagi calon pengantin yang ingin menyewa, disarankan agar memesan terlebih dahulu, minimal satu bulan sebelum acara pernikahan digelar, dengan membayar uang muka sebesar 50 persen. Untuk pelunasannya bisa dilakukan pada saat pengambilan kotak hantaran.

“Jika konsumen sudah membayar tanda jadi dan sudah memilih model atau bentuk apa yang diinginkan, maka kotak pesanan tersebut akan saya pisahkan agar tidak tercampur dengan pesanan lainnya” imbuhnya.

Semaikn dikenalnya usaha jasa antaran ini, pemesan yang datang tidak hanya berasal dari kota saja, tetapi ada juga yang dari kabupaten. Untuk pemesanan di area Bandarlampung, Rani memberikan kemudahan bagi para pelanggannya, yaitu dengan memberikan jasa antar kerumah yang dibebankan biaya tambahan sebesar Rp100 ribu, atau disesuaikan dengan jarak lokasi rumah pemesan. Sedangkan untuk luar kota ia menyarankan beli putus, atau tidak menyewa, Karena nantinya akan kesulitan pada saat pengembalian.

Selain hantaran pernikahan adat Indonesia, Rani juga menyediakan hantaran Sangjit, atau kotak hantaran yang biasa digunakan dalam acara pernikahan orang Cina. Saat jelang idul Fitri, ia juga menerima jasa pemesanan pembuatan parsel Lebaran.(IH)

Posting Terkait