RAPBDes Beres, Pesawaran Segera Terima Dana Desa

Ilustrasi (ist)

Gedongtataan – Pecairan Dana Desa (DD) tahap pertama akan segera terealisasi di akhir April 2017 ini. Pemerintah Kabupaten Pesawaran berharap tidak ada kendala dalam penyerahan Laporan Pertanggungjawaban (LPj)  secara keseluruhan.

“Ya untuk cairnya DD 2017, secara mekanismenya Minggu ke 3 atau akhir Bulan April ini, jika seluruh tahapan pengajuannya tidak ada masalah,” ungkap Kasi Pengelolaan dan Keuangan Desa,  Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD) Heru Mulyawan, Senin (10/4).

Disinggung keterkaitan masih adanya 14 desa yang belum melakukan penyerahan Lpj, Heru Mulyawan mengutarakan, jika penyerahan Lpj secara keseluruhan sudah selesai, namun berdasarkan permintaan Bupati, Desa harus melampirkan Hard Copy dan Soft Copy Lpj penggunaan DD tahun 2016, dan beberapa waktu lalu ada 14 desa yang belum serahkan soft copy DD nya.

Baca Juga:  Sejumlah Desa di Pesawaran Ajukan Pencairan Dana Desa

“Nah, kalau yang 14 desa yang belum serahkan Lpj kemarin itu hanya soft copynya, karena bupati sedang menertibkan seluruh pengadministrasian baik di satker maupun desa, agar soft copy itu juga bisa digunakan dalam pemeriksaan BPK dan inspektorat,” jelas dia.

Sementara ini,  lanjut dia,  untuk pencairan DD tahun 2017 ini, pihak kecamatan sedang mengevaluasi Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) sebagai syarat pencairan Lpj.

“Kita tinggal menunggu hasil evaluasi RAPBDes, dan selesai itu, dikirim ke pusat guna pencairan DD,” jelas dia.

Baca Juga:  Kapolres Kesengsem Wartawan Kopeten

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 14 desa yang ada di Kabupaten Pesawaran belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban Dana Desa (DD) tahun 2016.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, saat melakukan rapat koordinasi Kepala Desa se-Kabupaten Pesawaran, di Aula Balai Benih, Kecamatan Teluk Pandan, rabu (29/3).

“Masih ada 14 Desa yang belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan DD Tahun 2016, bagi yang belum untuk segera menyerahkan laporannya, paling lambat Kamis (30/3),” ungkapnya.

Menurutnya, Kepala Desa bersama dengan para aparatur desa harus dapat bersinergi dalam hal pengelolaan DD dan ADD agar sesuai dengan regulasi yang berlaku dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga:  10 Ribu Warga Pesawaran Gratis Daftar BPJS

“Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) harus dipergunakan sesuai dengan keperuntukannya dan sesuai dengan perundang-undangan, jangan sampai menimbulkan hal yang dapat merugikan diri sendiri dan masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada stake holder terkait untuk dapat lebih memperketat pengawasannya agar tidak terjadi kesalahan, terutama pada proses administrasi.

“Kepada Inspektorat  dan Camat untuk mengawal dan mengawasi pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan tujuan agar penggunaan Dana tersebut sesuai dengan peruntukannya, lakukan pembinaan dan pengawasan setiap triwulan dan penyampaian Surat Pertanggungjawaban (SPJ) tepat pada waktunya,” ucap dia. (MH/PS)

 

APBDes Dana Desa Pesawaran

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan