Saat Chusnunia Chalim Merubah Isi BAP: Suara-Raut Wajah Berubah. Mata Memerah Sambil Menoleh ke Kanan

Saat Chusnunia Chalim Merubah Isi BAP: Suara-Raut Wajah Berubah. Mata Memerah Sambil Menoleh ke Kanan

Chusnunia Chalim berulang kali ditegur dan diminta untuk memberikan kesaksian yang benar dan jujur. Foto: Ricardo Hutabarat

Fajar Sumatera – Mantan Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim berkali-kali mengatakan ‘bukan utusan saya, bukan utusan saya, bukan utusan saya’.

Kalimat itu diucapkan Nunik sapaan akrabnya sembari menorehkan pandangannya ke sebelah kanan. Nada suara Wakil Gubernur Lampung itu terdengar berubah. Tidak seperti di awal ketika Nunik sapaan akrabnya memberi kesaksian.

Pengucapan itu disampaikan Nunik sambil meminta maaf berkali-kali dan bermohon berkali-kali kepada jaksa sebagai penuntut umum dari KPK, agar keterangan miliknya di dalam BAP, untuk dirubah.

Raut wajahnya kala itu berubah sedikit memerah. Area bola matanya juga terlihat memerah. Seketika itu, sorotan kamera pewarta yang bersiaga di ruang sidang, mengarah ke Nunik.

Dalam BAP milik Chusnunia Chalim yang dibacakan jaksa, bahwa Nunik mengatakan bahwa Khaidir Bujung dan Midi Iswanto adalah utusannya yang melakukan komunikasi dengan Mustafa.

Mustafa sendiri adalah terdakwa atas perkara suap dan gratifikasi yang didakwakan KPK. Ia juga merupakan mantan Bupati Lampung Tengah.

Nah, Nunik diperiksa sebagai saksi atas perkara Mustafa di PN Tipikor Tanjungkarang, Kamis siang, 4 Maret 2021.

Sebabnya, jaksa mencoba mengonfirmasi kepada Nunik perihal pertemuannya dengan Mustafa di salah satu kafe.

Yang dalam pertemuan tersebut, Mustafa membahas perihal tidak adanya dukungan dari DPW PKB Lampung kepadanya kendati Mustafa telah memberikan uang Rp 18 M, lewat Midi Iswanto dan Khaidir.

Dalam BAP miliknya, Chusnunia Chalim mengaku meninggalkan Mustafa karena kondisi dinilai tidak kondusif. Mustafa marah dan meminta uangnya dikembalikan.

Chusnunia memberikan jawaban kepada Mustafa, agar Mustafa meminta uang kepada pihak yang menerima uang. Karena Chusnunia mengaku tidak tahu menahu soal uang-uang yang dimaksud Mustafa.

Permintaan Chusnunia Chalim di awal tadi membuat jaksa mengeluarkan pernyataan, bahwa Chusnunia Chalim sedari awal sudah diingatkan memberikan keterangan yang jujur.

Jaksa juga mempertanyakan permintaan perubahan isi BAP tersebut. Sebab jaksa menaruh rasa curiga mengapa tiba-tiba ingin merubah kesaksian saat diperiksa penyidik KPK.

Baca Juga:  Chusnunia Chalim Lantik Kades Selingkuh, Warga Segel Balai Desa

Tak lama kemudian, majelis hakim mengingatkan Chusnunia Chalim agar memberikan keterangan yang jujur dan agar tidak mengeluarkan pernyataan yang bernada bohong.

Reporter: Ricardo Hutabarat

Chusnunia Chalim KPK Mustafa PN Tipikor Tanjungkarang

Posting Terkait