Sekala Brak Angkon Muakhi Kapolda

Angkon Muakhi dengan Kapolda Lampung Irjen. Pol. Drs. Suntana, M.Si di Lamban Gedung Dalom Buay Pernong.

LIWA, FS – Paduka Yang Mulya Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-23, menggelar seangkonan dengan Kapolda Lampung Irjen. Pol. Drs. Suntana, M.Si  di Lamban Gedung Dalom Buay Pernong, Kecamatan Batubrak, Lampung Barat (Lambar), Jumat (9/2/2018).

“Seangkonan bukan semata-mata mengangkat persaudaraan dan pemberian gelar, akan tetapi untuk mencegah budaya asing yang akan mengganti budaya nusantara,” kata Edward Syah Pernong, didampingi Bupati Lambar parasol Mabsus.

Baca Juga:  Kapolda Lampung Janjikan Reward Anggota Berprestasi

Semangat seangkonan bisa membawa perubahan yang akan dilakukan generasi muda, guna menjaga keberlangsungan adat istiadat secara terus menerus melekat pada kehidupan bermasyarakat.

Seangkonan muakhi yang dilaksanakan itu bertujuan untuk menyatukan persaudaraan antara Kapolda Lampung, Pemkab Lambar, serta para tokoh adat.

“Semoga dengan adanya acara angkon muakhi ini, ikatan persaudaraan dan keluarga kita akan abadi dan tercatat menjadi saksi sejarah untuk anak cucu kita kelak dikemudian hari,” ujar Edward Syah Pernong.

Baca Juga:  Kapolda Lampung Kunjungan Kerja ke Tanggamus

Diharapkan dengan adanya angkon muakhi ini juga dapat memberikan pengaruh positif dalam hal kerjasama membangun Lambar khususnya, dan Lampung pada umumnya.

Muakhi berasal dari kata puakhi. Artinya, saudara kandung dan saudara sepupu dari pihak bapak maupun ibu. Muakhi juga berarti persaudaraan dalam hubungan bertetangga.

Selain Itu juga Kemuakhian, yaitu sistem persaudaraan antar marga. Dan, Minak Muakhi berarti lingkungan persaudaraan.

Baca Juga:  Brigjen Pol Purwadi Arianto Resmi Jabat Kapolda Lampung

Dalam bentuk lain istilah Akhun Juga berarti saudara dan populer di kalangan kaum muslimin. Serta, sering dikutip pada berbagai ceramah agama, dengan merujuk pada satu Ayat Alquran—Innama Al-Mu’minuna Ikhwatun—Artinya, sesungguhnya setiap orang mukmin itu bersaudara.

Seangkonan dalam rangka kunjungan kerja kapolda beserta rombongan di Lambar itu, turut hadir Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, Kapolres Lambar AKBP Tri Suhartanto, Bupati Pesisir Barat Dr. Agus Istiqlal, SH, MH., Ketua DPRD Lambar Edi Novial S.Kom, dan Komandan Kodim 0422 Lambar Letnan Kolonel Inf Iskandar SH, MHan.(Fb)

Angkon Muakhi Kapolda Lampung Sekala Brak

Posting Terkait