Semangat “Nedes“ Adalah Semangat Tubaba

TUBABA – Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad mengajak masyarakatnya untuk menjadikan Nedes sebagai semangat dalam kehidupan.

Ia mencontohkan dua warga Tubaba. Yang satu ia menyebut Maryanto. Pakde Maryanto, kata Umar, semula ia merantau ke Jambi dan Bengkulu untuk mencari penghidupan baru setelah gagal kompetisi di calon legislatif.

Ia pulang dan hanya dengan modal Rp200 ribu membuka kedai minum. Namun, karena Maryanto tahan banting dan selalu ingin maju, akhirnya kini maju.

Sementara seorang lagi yang tak disebut namanya, justru tak tahan banting.

“Orang ini mengadu ke saya mau buka usaha jika dipinjamkan uang Rp25 juta. Tapi karena tak punya niat kerja keras, sampai kini tak pernah maju atau berubah nasibnya,” ungkap Bupati Tubaba.

Itulah, imbuh dia, semangat Nedes adalah semangat Tubaba masa depan.

“Demikian juga, Kota Uluan Urik atau bisa disebut Tiyuh Baduy. Semangat Baduy yang sederhana, setara, dan lestari, itulah yang kami ambil menjadi filosofi di sini,” ujar Umar Ahmad.

Di Kota Uluan Ughik yang sudah peletakan batu pertama pada 17 Juli 2018 sudah dibangun sebuah rumah khas warga Baduy, teater arena, dan alam yang lestari dan apa adanya. (*)

Semangat “Nedes

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan