Siapkan Data Akurat, Bulog Gandeng BPS

Bulog gandeng BPS siapkan data pangan (Foto: Istimewa)

Jakarta – Perum Bulog dan Badan Pusat Statistik (BPS) menandatangani nota kesepahaman terkait penyediaan, pemanfaatan, pengembangan data dan informasi di bidang pangan di kantor pusat Bulog pada Selasa (20/3/2018).

Kerja sama tersebut bertujuan agar kedua belah pihak dapat saling bertukar informasi yang saling mendukung dan dibutuhkan dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penugasan pemerintah.

Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog, Djarot Kusumayakti mengatakan, data BPS yang diamati dan dirilis akan menjadi bagian dari early warning system.

Baca Juga:  Bulog akan Bantu Petani Jual Beras Kemasan

Data BPS itu juga sebagai salah satu alat dalam menentukan strategi penugasan dan komersial “Nota Kesepahaman ini bagi Perum Bulog diharapkan dapat mendukung kegiatan bisnisnya dengan tidak mengurangi independensi BPS,” ujar dia seperti yang dilansir dari liputan6.com.

Sementara itu, Kepala BPS, Suhariyanto menyebutkan BPS dapat membantu dalam segi penyinkronan data yang lebih akurat dan relevan.

Selain harga beras, BPS juga sediakan data komoditas lainnya yaitu gula, minyak, jagung, dan sebagainya yang perlu dipantau tiap bulan. Ia mengharapkan harga komoditas tersebut semakin sinkron dan data lain terkait pangan.

Baca Juga:  Pengangguran di Kota Semakin Tinggi

“Butuh dukungan data yang relevan dan up to date serta akses yang mudah bagi masyarakat. BPS punya peran provide data dan informasi terutama perkembangan harga di tingkat konsumen dan produsen,” ujar dia.

Perum Bulog ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 48 tahun 2016 yang ditugaskan untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilisasi harga pangan baik ditingkat konsumen maupun produsen dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Baca Juga:  BPS: Harganas Dongkrak Kenaikan Penumpang

Adapun nota kesepahaman pada Selasa 20 Maret 2018 meliputi antara lain penyediaan data dan informasi statistik melalui kegiatan perencanaan, pengumpulan, pengolahan, analisis, serta penyajian data dan informasi statistik di bidang pangan.

Kemudian pemanfaatan data dan informasi statistik di bidang pangan. Selain itu, pengembangan sistem informasi statistik di bidang pangan, serta dukungan fasilitas serta peralatan analisa mutu pangan. (net/hp)

Bps bulog

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan