Soal Pilkades, Kadis PMD Lampura Pastikan Tidak Ada Setoran

KOTABUMI,FS- Desas desus prihal adanya pungutan dana dari desa oleh pemerintah Daerah kabaputen Lampung Utara untuk 143 panitia Pilkades serentak yang mencapai Rp.5 s/d 6 juta dibantah oleh Kadis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Utara Abdurahman,SH.MM.

“Tidak ada instruksi untuk melakukan pungutan dana dari desa untuk Kabupaten, saya pastikan itu tidak ada dan tidak benar,” ujar Abdurahman. Kamis (24/6/2021)

Dikatakan Abdurahman sosialisasi yang digelar oleh panitia Pilkades di tingkat desa nantinya akan melibatkan serta menghadirkan narasumber dari tingkat Kabupaten.

“Jika anggaran operasional untuk sosialisasi ditingkat desa 5 juta mungkin saja, karena itu ranah panitia desa dan untuk honor narasumber dari Kabupaten memang ada ketentuan dan syah menurut hukum” paparnya.

Senada dengan Kepala DPMD, Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Lampung Utara, Reza Pahlevi,SH mengatakan, bahwa setoran untuk Kabupaten, Kecamatan maupun Pengamanan tersebut tidak pernah ada.

“Ya. Sebelum ada Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) yang mengadakan rapat koordinasi, guna penentuan operasional sosialisasi ditingkat desa masing-masing, mengingat sosialisasi di tingkat Kabupaten hanya dihadiri oleh Kades” ujarnya

Kendati demikian, menurut Reza, terkait pungutan atas nama Kabupaten Lampura tidak benar karena anggaran Pilkades serentak dikelola oleh Panitia Pilkades Desa dan BKAD pada tiap kecamatan untuk operasional sosialisasi dan honorer Narasumber yang dihadirkan dari DPMD, Bagian Hukum dan Kepolisian.

” Saya pasti, bahwa informasi tentang adanya pungutan dana 5 juta dari perdesa untuk Pilkades serentak oleh Kabupaten itu tidak pernah ada,” pungkasnya. (R)

Posting Terkait