Tamu dan Karyawan Novotel Ikut Donor Darah

Novotel Lampung menggelar kegiatan donor darah. (Foto Ihan)

BANDARLAMPUNG – Novotel Lampung merupakan salah satu hotel yang termasuk dalam jaringan group Accor yang beralamat di Jalan Gatot Subroto no. 136 Bandar Lampung
Novotel Lampung secara rutin setiap enam bulan sekali ikut serta dalam kegiatan sosial masyarakat. Seperti kegiatan sebelumnya, kali ini pun Novotel Lampung kembali bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mengadakan kegiatan donor darah.
Asisten Sales & Communication Manager Novotel Lampung, Ratu Iin Nopita Respa mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Novotel Lampung atau biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah.
Kegiatan donor darah ini dilaksanakan pada tanggal 19 September 2017 bertempat di ruang Regent Meeting Room Novotel Lampung, dimulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB.
Ada yang berbeda dari donor darah di Novotel Lampung kali ini, yaitu sebelumnya pada donor darah yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, pesertanya adalah masyarakat umum, namun untuk yang saat ini kegiatan donor darah diperuntukkan bagi karyawan & tamu-tamu Novotel Lampung.  Para karyawan Novotel Lampung selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan donor darah Novotel Lampung.
Pelaksanaan donor darah ini dilakukan oleh 6 orang petugas dari Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI), yang terdiri dari 2 orang petugas Dokter, 1 orang petugas administrasi, dan 3 orang petugas pengambil darah.
Kegiatan donor darah ini dilakukan secara rutin oleh Manajemen Novotel Lampung.  Donor darah tersebut disambut dengan antusias oleh para pendonor, yang juga merupakan karyawan Novotel Lampung.
Sebelum melakukan donor darah, para calon pendonor terlebih dahulu mengisi formulir kesiapan untuk mendonorkan darahnya dan menjawab sedikitnya 12 pertanyaan yang berbentuk checklist yang harus dijawab jujur oleh setiap calon pendonor.
Setelah itu, setiap pendonor terlebih dahulu diperiksa HB darah dan tensi darah. Hal ini dilakukan untuk menjamin kelancaran acara donor darah tersebut.
“Novotel Lampung telah mendapatkan piagam penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Bandarlampung, karena mengadakan kegiatan donor darah secara rutin” ujar Ratu, saat ditemui Kamis, (21/9).
Dia menambahkan, terlebih lagi dengan adanya kesadaran yang tinggi dari setiap karyawan dan juga para tamu yang ikut berpartipasi bahwa “setetes darah anda berarti nyawa bagi orang lain”.
Kegiatan donor darah tidak hanya bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan tranfusi darah, kegiatan donor darah juga bermanfaat bagi si pendonor itu sendiri, antara lain: untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, kesehatan psikologis, mendeteksi penyakit serius.
Oleh sebab itu, kegiatan donor darah ini tidak hanya sebagai wujud kepedulian Novotel Lampung terhadap sesama, tetapi juga untuk memberikan manfaat kesehatan bagi para pendonor darah. Novotel Lampung menargetkan 150 kantong darah. (IH)

Novotel Lampung

Posting Terkait