Telkomsel akan Bawa Teknologi 5G dan Bus Tanpa Sopir di Asian Games

Telkomsel merilis kartu perdana edisi khusus Asian Games 2018. Foto: Istimewa

BANDAR LAMPUNG  – Telkomsel akan menyajikan sejumlah peningkatan pelayanan selama gelaran Asian Games 2018 di Indonesia. Tidak terkecuali uji coba jaringan 5G di venue utama Asian Games, Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

“Kita sudah mempersiapkan 5G bekerjasama dengan Kominfo dan Kominfo Korea Selatan untuk menghadirkan real 5G di Indonesia yang nanti experience center-nya ada di GBK,” ungkap Ivan C Purnama, Vice President Next Generation Network Telkomsel ketika ditemui seusai Torch Relay Asian Games 2018 di Bandar Lampung, Rabu (8/8/2018).

Baca Juga:  Sri Mulyani: Gelaran Asian Games 2018 Akan Dorong Ekonomi Indonesia

“Jadi di jalan masuk GBK nanti akan ada experience center dan mudah-mudahan kalau tidak ada halangan minggu depan bisa kita launching,” sambungnya.

Telkomsel sendiri akan menggunakan spektrum 2,8 GHz untuk mengoperasikan 5G-nya. Teknologi 5G yang digunakan Telkomsel merupakan teknologi baru yang disebut beamforming.

“Jadi itu teknologi baru di 5G dimana beam itu, frekuensi itu tidak melebar tapi ditembak,” jelas Ivan.

Salah satu teknologi yang paling dinanti dari uji coba ini adalah bus tanpa supir yang akan mengelilingi GBK.

“Satu yang unik mungkin nanti ada autonomous bus yang sering dibilang pak menteri itu akan jalan di GBK. Jadi teman-teman bisa merasakan bagaimana naik bus tanpa sopir yang memakai teknologi 5G,” jelasnya.

Baca Juga:  Kapolri Gelar Rapat Pengamanan Asian Games 2018

Bus otonom yang dioperasikan oleh Telkomsel ini merupakan bus kecil dengan muatan sekitar 15 orang. Telkomsel bekerjasama dengan Huawei untuk menghadirkan bus ini.

Selain bus otonom, di 5G experience center milik Telkomsel masyarakat akan bisa menikmati berbagai aktivitas menarik seperti remote driving, Virtual Reality (VR) foottball, dan VR cycling.

“Untuk use case-nya sendiri akan ada contohnya remote driving dimana orang bisa mengendalikan mobil dari jarak jauh. Juga nanti ada VR football, jadi nanti kita melihat, merasakan nonton football tapi dalam kondisi yang real time,” ujar Ivan.

Baca Juga:  Menpora Malaysia Puji Persiapan Asian Games 2018 di Indonesia

5G experience center ini terbuka untuk umum. Namun, karena keterbatasan kapasitas masyarakat yang ingin mencoba harus mendaftar terlebih dahulu.

“Masyarakat bisa memakai. Harus daftar karena kapasitasnya terbatas. Nanti cara-cara daftarnya, contohnya bisa memakai TCASH. Daftarnya bisa di tempat,” ucap Ivan seperti yang dilansir dari detik.com.

5G experience center ini akan dibuka untuk partner dan media pada tanggal 15 Agustus 2018. Sedangkan akan dibuka untuk umum bersamaan dengan upacara pembukaan Asian Games pada 18 Agustus 2018. (net/hp)

Asian Games 2018 Bus Tanpa Sopir Telkomsel

Posting Terkait