Truk Kelebihan Muatan Diberi Sanksi Tegas

Deni Ponco | Fajar Sumatera

KALIANDA – Unit pelaksana penimbangan kendaraan atau jembatan pada balai penyelenggara transportasi darat wilayah VI Bengkulu Lampung, Wayurang, Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel) menerapkan sanksi tegas terhadap truk yang kelebihan muatan (over louding).

Kordinator Satuan Pelaksana (KSP) Jembatan Wayurang, Indra Junaidi menegaskan, pihaknya akan memberi peringatan tilang, menurunkan barang atau lakukan transfer muatan ke kendaraan pendamping jika ditemukan truk kelebihan muatan saat di lakukan uji timbang muatan.

Baca Juga:  Bulan Depan Truk Over Kapasitas Akan Ditilang

“Selain lebih ekstra, petugas piket jembatan timbang Wayurang juga harus siap bekerja tambahan untuk berikan sanksi serta mensosialisaikan dan pengarahan pengemudi atas pelanggaran yang dilanggarnya,” tegas Indra, Rabu (13/11).

Dia menjelaskan, walau kondisi kuota kendaraan tidak seramai tahun sebelumnya dan berkendala akan minimnya personil petugas unit pelaksana, namun petugas tetap sigap dan leluasa melakukan uji kelayakan muatan,dan sebagai balai penyelanggara transportasi atau jembatan timbang,saat ini justru dapat mengedepankan aturan yg diberlakukan.

Baca Juga:  Truk Over Kapasitas Dilarang Lewati Jalan Simpang Penawar-Rawa Jitu

“Ddalam pemberian sanksi, jika over muatan diatas 100% petugas terpaksa berikan sanksi tilang dan diwajibkan¬† mengikuti sidang di pengadilan serta membayar denda, tetap harus¬† menurunkan muatan atau mentransfer muatan ke kendaraan lain. Adapula over dimensi, petugas melakukan penyitaan buku kir dan diarahkan untuk melakukan uji ulang kendaraan,” tambahnya.(DP)

Jembatan Timbang Wayurang Truk Over Kapasitas

Posting Terkait