Tugas Tim Satgas Pangan Berlanjut

Ilustrasi. (Ist)

JAKARTA—Meski moment Ramadan dan Idul Fitri telah usai, namun Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memastikan tugas tim Satgas Pangan tetap akan berlanjut untuk menjaga stabilitas harga pangan sepanjang tahun.

Ketua KPPU Syarkawi Rauf menuturkan, Satgas Pangan akan fokus pada komoditas strategis selain daging. Tim akan fokus pengawasan terhadap komoditas yang harganya masih tinggi seperti beras, bawang merah, bawang putih, dan jagung.

“Sebagai upaya pengawasan sepanjang tahun. Jika terjadi harga tinggi, apakah dari sisi produksi atau permintaan. Ini bukan hanya tugas satu kementerian,” kata dia, Senin (3/7).

Syarkawi menyebut evaluasi Satgas Pangan menunjukkan harga komoditas pangan strategis stabil selama puasa dan lebaran. Harga pangan selama puasa dan lebaran juga terbaik dibanding dua tahun lalu.

“Indikatornya, harga jauh lebih rendah tahun lalu. Gula, misalnya, tahun lalu bisa Rp17.000 per kg – Rp20.000 per kg. Tahun ini sekitar Rp12.500 per kg atau rata-rata nasional hanya Rp13.000 per kg,” katanya.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan harga pangan stabil karena sinergi yang baik antar lembaga. Apalagi, harga pangan yang stabil selama puasa dan lebaran merupakan terbaik selama 10 tahun.

Harga sejumlah komoditas terkendali seperti, daging ayam, telur, daging sapi, cabai, bawang putih, bawang merah. Meski diakuianya, ada beberapa komoditas yang harganya justru di bawah standar.(*)

Posting Terkait