Uncategorized

Sulam Jelujur Bakal Tampil Kembali di Inacraft

Pesawaran (Fs) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesawaran, Nanda Indira Dendi kembali membawa Sulam jelujur dan hasil kerajinan dari Pesawaran ke pameran INACRAFT 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan yang diselenggarakan pada 1-5 Maret 2023.

Pameran bertajuk The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2023) yang dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno mewakili Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo kembali digelar untuk ke-23 kalinya, setelah dua dekade berlalu, INACRAFT telah memasuki jilid ke-2 setelah pandemic digelar dimasa new normal dan pembatasan sosial dengan tema sentral From Smart Village To Global Market.

Kegiatan tersebut juga dihadiri beberapa perwakilan Negara seperti Maroko dan Mesir serta Menteri dan pejabat Negara.

Acara ini menghadirkan pembina UKM seluruh Indonesia, Nanda selaku pembina UKM pun turut dalam acara tersebut dan di dampingi oleh Dinas Perindag Kabupaten Pesawaran yang membawa serta kerajinan berupa kain tenun Sulam Jelujur dan hasil karya lain dari kain tersebut.

“Dipameran ini kami membawa hasil kerajinan unggulan dari Pesawaran, Sulam jelujur dari Desa Sungai Langka Kec. Gedong Tataan, Tapis Pubian dari Desa Negeri Ulangan Jaya dan beberapa hasil kerajinan yang tersebar, selain itu ada juga Batik Tulis Alami yang warnanya berasal dari alam bukan Sintetis”, ucap Ketua Dekranasda Kab. Pesawaran.

Nanda berharap dengan ikut acara ini dapat meningkatkan pangsa pasar dari kerajinan di Bumi Andan Jejama, tentunya dengan peningkatan itu juga berefek pada peningkatan perekonomian di Kabupaten Pesawaran.

Membacakan sambutan Presiden, Sandiaga Uno mengatakan lewat gelaran tersebut diharapkan produk para pelaku UMKM di Indonesia bisa berkembang dan dikenal masyarakat Dunia.

Selain itu dirinya menargetkan INACRAFT tahun ini transaksi bisa melebihi transaksi ditahun sebelum pandemi Covid.

Menteri Pariwisata juga menambahkan INACRAFT sebagai salah satu gelaran kerajinan terbesar di Asia Tenggara diharapkan mampu membangkitkan semangat dan perekonomian para pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

Pameran ini adalah pameran kerajinan aset nasional terbaik, terbesar dan tersukses yang menjadi barometer perkembangan industri kreatif kerajinan Indonesia penopang ekonomi kerakyatan yang paling ditunggu oleh pelaku usaha dan pengunjung/pembeli setia Inacraft.

Kecintaan pada produk dalam negeri dan semangat untuk mendukung sektor ekonomi kerakyatan membuat pameran INACRAFT menjadi andalan para pelaku usaha kerajinan, menggerakkan kembali roda bisnis setiap menghadapi situasi perekonomian global.(dponco)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button