UTI Lampung Juara II Kontes Robot

UTI Lampung Juara II Kontes Robot

Foto: Ist

BANDAR LAMPUNG – LAGI, Universitas Teknokrat Indonesia meraih prestasi di ajang robotika. Dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional II yang berlangsung di Universitas Tarumanagara, Jakarta, 10-12 Mei lalu.

Kali ini mahasiswa Teknokrat raih Juara II untuk Divisi Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Humanoid.

Pada babak final, Teknokrat diungguli oleh Politeknik Negeri Batam dengan skor 2-0. Sementara itu untuk peringkat 3 dan 4 diraih oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Politeknik Negeri Padang.

KRSBI menggunakan sistem KidSize Humanoid League yang diadopsi dari RoboCup Soccer Humanoid League Rules yang digunakan dalam RoboCup 2017 di Nagoya Jepang.

Baca Juga:  Teknokrat Tabligh Akbar Bersama Syech Palestina

Pembina UKM Robotik Maulana Aziz Assuja, M.T mengatakan bahwa Robot sepakbola yang diciptakan mahasiswa mampu mengenali objek-objek seperti gawang, bola, dan posisi sendiri dalam arena. Selain itu robot juga mampu berkomunikasi antarsesama.

“Ini pencapaian luar biasa. Meskipun mahasiswa masih ada yang semester awal, sudah bisa mendapatkan prestasi yang membanggakan. Semoga pada KRI tingkat nasional nanti mereka bisa meraih prestasi yang bagus,” tutur Maulana.

Keberhasilan tersebut makin mengokohkan citra Teknokrat sebagai kampus teknologi berprestasi, terutama di bidang robotika. Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE, MBA menyatakan bahwa Teknokrat terus mengembangkan teknologi robotika.

Baca Juga:  UTI Lampung Tuan Rumah ON MIPA PT

Sebagai bentuk komitmen, Rektor mendorong para pembimbing robot dapat melanjutkan studi ke universitas terbaik di dalam dan luar negeri.

“Prestasi ini menunjukkan keberhasilan pendidikan di Teknokrat. Lebih dari itu, banyaknya karya mahasiswa Teknokrat yang menjuarai kontes nasional merupakan bentuk kontribusi dalam mengembangkan teknologi robotika di Indonesia,” tutur Nasrullah di sela-sela aktivitas.

Rektor pun berharap tim dapat menjadi juara di tingkat nasional. Pada KRI sebelumnya Teknokrat pernah meraih juara 3 tingkat nasional. KRI tingkat nasional akan dilangsungkan di Surabaya beberapa bulan ke depan.

KRI adalah kompetisi robotika yang rutin digelar satu tahun sekali oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti.

Baca Juga:  UTI Lampung Tuan Rumah ON MIPA PT

KRI 2018 terdiri dari 5 divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda.

Pada KRI Tingkat Regional II, Tim KRSBI Teknokrat diketuai oleh Muhammad Reynaldo dan beranggotakan 8 orang yaitu Achmad Fauzi, Andika Agashi Pratama, Rendy Apriyanto, Agung Pangestu, Irvan Maulana, Seftoni Indra, Ari Indrawan, dan Iswani. Tim dimbimbing oleh Muhammad Pajar Kharisma Putra, S.Kom. (RD)

UTI Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan