Wali Murid Diimbau Antar Jemput 

Kepala SDN 2 Rawa Laut, Joko Purwanto/Foto: Josua

BANDAR LAMPUNG – Memasuki hari pertama tahun pelajaran 2019-2020, sejumlah orang tua siswa kelas satu sekolah dasar mengantar anaknya.

Dengan dibantu orang tua, siswa kelas satu diharapkan dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Salah satunya di SD Negeri 2 Rawa Laut, Pahoman, Kota Bandar Lampung, yang  memberikan kesempatan kepada orang tua siswa untuk menemani anaknya.

Hari pertama pelajaran diawali dengan saling mengenal satu sama lain, guru, orang tua dan siswa. Pada hari pertama, guru mengatur posisi atau tempat duduk siswa berdasarkan skala prioritas.

Siswa dengan penglihatan yang kurang jelas mendapatkan tempat duduk di depan. Sementara yang berbadan besar ditempatkan di belakang.

Posisi duduk ini akan dirotasi sekali dalam satu minggu, untuk memberikan kesempatan yang sama kepada siswa lain, kecuali siswa dengan kelainan penglihatan.

Kepala SDN 2 Rawa Laut, Joko Purwanto, menjelaskan, siswa kelas 1 SDN 2 Rawa Laut memiliki delapan rombongan belajar, dengan 28 siswa setiap kelasnya.

“Pihak sekolah juga berharap peran dan fungsi orang tua atau wali murid tidak hanya mengantar jemput pada hari pertama. harus dibiasakan sejak dini hingga mereka menapaki bangku kuliah,” kata Joko, Selasa (16/7).

Lanjutnya, karena fungsi pengawasan pelajar dan mahasiswa hanya berlaku di lingkungan sekolah dan kampus .

“Di luar itu, peran guru dan dosen berkurang,” ungkap Joko.

Hal tersebut dianggap penting demi menghindarkan mereka dari perilaku negative, seperti tawuran, narkoba, hingga seks bebas.(JO)

SDN 2 Rawa Laut

Posting Terkait