YALHI OKU Raya Imbau Perusahaan Tak Buang Limbah Sembarangan

YALHI OKU Raya Imbau Perusahaan Tak  Buang Limbah Sembarangan

Pengurus YALHI OKU Raya Foto: Ariyan/fajarsumatera.co.id

OKU – YAYASAN Lingkungan Hidup (YALHI) Kabupaten Ogan Komering Ulu Raya (OKU Raya) mengimbau dan mengingatkan kepada pemilik perusahaan, SPBU, Rumah Sakit, Hotel, Pusat Perbelanjaan dan Rumah Makan agar tidak membuang limbah sembarangan.

Hal ini disampaikan Ketua YALHI OKU Raya Syaiful Amin, Minggu (13/5).

Dari Investigasi tim YALHI, kata Syaiful, jika limbah masih dibuang sembarangan oleh pihak perusahaan seperti oli bekas dari Show Room bengkel mobi PT Lautan Berlian Utama Motor (Mitsubishi Motors) di Jalan A Yani Kemelak Baturaja Timur.

“Iya limbah oli bekas itu masih saja dibuang ke drainase umum yang mengalirnya ke sungai sehingga mencemari lingkungan,” ungkapnya.

Selain itu, sambung dia, sesuai data di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU  masih ada perusahaan, SPBU, Hotel, Rumah Makan dan Pusat Perbelanjaan belum memiliki izin lingkungan pembuangan limbah.

Nah inilah menjadi tugas YALHI bersama pihak-pihak terkait (Stakeholder) di OKU Raya untuk mengimbau  memantau, dan mengawasi.

“Sesuai anggaran dasar YALHI OKU RAYA yang tertuang dalam Akte Pendirian, maka selain melaporkan, pengaduan terjadinya perusakan dan pencemaran lingkungan hidup, YALHI juga punya kedudukan hukum (legal standing) sebagai pihak yang boleh menggugat ke pengadilan terhadap perusahaan korporasi yg mencemari lingkungan sesuai ketentuan pasal 92 UU No 32/2009 tentang PPLH,” urainya.

YALHI berharap tidak ada lagi pihak dari perusahaan, SPBU, Hotel dan Rumah Makan serta Pusat Perbelanjaan yang ada di Baturaja membuang limbah sembarangan. (Yan)

623 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

YALHI OKU Raya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan