Metro

Warung Milik Jokowi di Hadimulyo Timur Hangus Terbakar

FAJARSUMATERA – Konsleting listrik mengakibatkan sebuah rumah berikut dengan warung di Jalan Diponegoro 22 Hadimulyo Timur, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, hampir ludes terbakar pada Selasa (28/3/2023) malam.

Kejadian pertama kali di lihat pemilik rumah, Joko Widodo (62) sekira pukul 21.00 WIB dari dalam ruko miliknya yang berada tepat di depan rumah.

Api langsung membesar hingga menjalar ke bagian depan rumah, hingga membuat pemilik terjebak kobaran Si Jago Merah.

Tak berselang lama, petugas pemadam kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) mendatangi lokasi dengan dua armada mobill Damkar.

Petugas langsung bergerak cepat. Membantu evakuasi barang hingga menerobos kobaran api untuk menyelamatkan pemilik rumah yang terjebak di dalam.

“Kondisi korban yang tadi sempat terjebak diselamatkan oleh anggota pemadam, Alhamdulillah dengan kondisi baik,” ujar Kabid Damkar Satpol-PP Metro Marwan Hakim.

Sebanyak 13 personil Pemadam Kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan kobaran api. Setelah 20 menit berjibaku, api berhasil padam.

“Kami mengerahkan dua armada dengan 13 personil,” bebrnya.

Marwan menduga, api pertama kali mucul akibat adanya konsleting listrik. Kemudian percikan api langsung membesar lantaran terdapat barang-barang mudah terbakar.

“Karena pemilik mengatakan bahwa melihat ada percikan api dari listrik, kemudian mematikan MCB, kemudian nelpon pemadam dan pemadam datang,” bebernya.

Atas kejadian tersebut, kata Marwan, kerugian ditaksir mencapai angka Rp.25 Juta. Marwan menuturkan, kebakaran di Kota Metro sering kali diakibatkan konsleting jaringan listrik. Hal tersebut perlu diwaspadai dengan pengecekan secara rutin.

“Bagi masyarakat Kota Metro, khusunya di area padat penduduk, harapannya ketika meninggalkan rumah untuk selalu mengecek keadaan listrik di rumah terkait dengan terminal listrik dan lain lain, karena banyak terjadi kebakaran dari konsleting listrik yang ada di Kota Metro,” tuturnya.

Ia menambahkan selain konsleting listrik, kebakaran yang terjadi pada beberapa tempat di Kota Metro diakibatan oleh kesalahan dalam pemasangan generator tabung gas rumah tangga.

“Kemudian untuk memeriksa kompor di rumah baik untuk ibu-ibu dan bapak-bapak untuk selalu menjaga,” tandasnya (Rahmat).

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button